Playful Day With Children TK Sultan Agung

 

Oleh : Divisi Pendidikan dan Perkembangan

Editor : Divisi Informasi

Latar Belakang Kegiatan :

Divisi Pendidikan dan Perkembangan merancang sebuah kegiatan bersama di TK Sultan Agung milik badan wakaf UII. Kegiatan ini dilakukan atas dasar melihat pola perkembangan kognitif pada anak-anak usia 4-6 tahun. Oleh karena itu, Divisi Pendidikan dan Perkembangan memberikan tema “Playful Day WithChildren” pada kegiatan ini.

Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan sistem motorik pada anak dan melihat pola pikir perkembangan kognitif pada usia 4-6 tahun serta bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk menumbuhkembangkan kognitif mereka. Selain itu, teman-teman PSC yang ikut serta dalam kegiatan ini juga dapat memperkaya pengalamannya dalam berkecimpung di area tumbuh kembang masa kanak-kanak.

 

Sekilas Informasi…

Playful day with children” dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2014 yang lalu. TK Sultan Agung terbagi dalam beberapa kelas yaitu kelas playgroup, kelas A dan kelas B. Kegiatan ini dilaksanakan di kelas B, namun karena kelas B masih terbagi lagi dalam beberapa kelas yaitu B1,B2 dan B3 maka teman-teman dari divisi pendidikan dan perkembangan memutuskan untuk fokus pada kelas B2. Kenapa? Berikut Alasannya :

  1. Anak-anak di kelas B2 memiliki kemampuan berkomunikasi yang sudah cukup baik
  2. Kemampuan berbahasanya juga sudah baik
  3. Aktif dan paham dengan lingkungan sekitarnya
  4. Sudah mempunyai pengalaman belajar yang lebih banyak dibandingkan dengan kelas lain

 

Selain itu, teman-teman divisi pendidikan dan perkembangan juga diberikan kesempatan untuk wawancara langsung dengan kepala sekolah mengenai sistem dan pengajaran di TK Sultan Agung ini. Berikut hasil wawancaranya :

  1. Anak-anak di TK ini mempunyai mata pelajaran tambahan, seperti Bahasa Inggris Dasar, misalnya hitungan angka dan pelajaran Bahasa Arab. Kedua pelajaran ini diberikan masing-masing seminggu sekali.
  2. Materi yang diberikan juga berupa pengenalan profesi-profesi pekerjaan yang ada di lingkungan.
  3. Belajar kesenian dengan Keterampilan-keterampilan tangan dan kognitif, seperti menggambar, origami dan menari.
  4. Pada setiap hari Sabtu, TK Sultan Agung mempunyai kegiatan khusus yaitu jalan-jalan pagi mengelilingi lingkungan sekitar TK dari jam 07.50 – 08.30.Tujuan kegiatan ini untuk membantu tumbuh kembang pemikiran anak dengan lingkungannya
  5. TK Sultan Agung juga mempunyai kegiatan ekstrakurikuler seperti seni tari, drumband dan menyanyi Bahasa Arab dan Bahasa Jawa. Kegiatan ini dilakukan pada setiap hari sabtu.
  6. Pada hari Sabtu ini biasanya diadakan Lomba Tari antar kelas. Kegiatan drumband juga diberikan pada kelas playgroup.

Image

 

Rangkaian Acara….

Selama kegiatan berlangsung, anak-anak terlihat sangat semangat dan antusias. Selain itu, beberapa anak-anak yang tergabung dalam kelas B2 ini memperlihatkan perkembangan motorik dan kognitif yang sangat baik. Hal ini terlihat ketika mereka berkomunikasi dengan teman-teman PSC, mereka sudah mampu menangkap dan memberikan feedback yang sesuai dengan hal yang dibicarakan. Selain itu, perkembangan kognitif anak-anak tersebut juga terlihat dari kemampuan problem solving mereka dalam memecahkan permasalahan dari mata pelajaran yang diberikan.

Image

Pada awalnya, teman-teman dari divisi pendidikan dan perkembangan membuat program untuk mengajar Bahasa Inggris Dasar di TK ini, namun karena hanya ada beberapa anak yang mengerti sedangkan yang lainnya belum belajar Bahasa Inggris, maka program ini tidak dilaksanakan. Namun, bukan berarti acara selesai, karena teman-teman PSC masih mempunyai permainan lain yaitu tebak gambar dan tebak cerita. Pada permainan ini dapat terlihat kemampuan berinteraksi anak-anak baik secara verbal maupun non-verbal ketika berinteraksi dengan teman-teman PSC. Selain itu, anak-anak tersebut juga memiliki kemampuan kognitif yang baik, hal ini terlihat dari kemampuan mereka berpikir cepat dan tepat dalam permainan tebak gambar dan tebak cerita.

Image

 

Berhubung saat kunjungan bertepatan dengan hari Sabtu dan anak-anak akan dipulangkan lebih awal, maka kebersamaan dengan anak-anak lucu nan menggemaskan itu pun harus berakhir. Sebelum pulang, guru-guru memberikan arahan kepada anak-anak untuk duduk di kursinya masing-masing lalu membaca beberapa doa yang dipimpin oleh ibu guru tersebut. Setelah selesai berdoa, mereka diperbolehkan pulang dengan berbaris dan mencium tangan satu per satu. Image

Image

Acara pun ditutup dengan penyerahan plakat oleh koordinator divisi pendidikan dan perkembangan, Retno Yuliardhianti kepada salah satu guru.

Image

Finally, tidak dapat dipungkiri bagi sebagian orang, berkumpul dan bermain dengan makhluk lucu nan menggemaskan itu merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan 🙂

Image

Image

 Image

 

 

Leave a comment