Behind The Scenes ” Seleksi Debat PSC”

 

Oleh : Divisi Pengembangan Minat dan Bakat

Editor : Divisi Informasi

           Selasa, 1 Oktober lalu bertempat di rusunawa putri UII berlangsung acara seleksi debat untuk calon peserta yang akan mewakili UII mengikuti ajang lomba debat di Kota Pahlawan, Surabaya. Acara ini disponsori langsung oleh Divisi Pengembangan Minat dan Bakat PSC,  yang dimulai pada pukul 16.00 WIB dan dibuka langsung oleh ketua PSC, Eri Yudhani serta tidak ketinggalan koordinator dari divisi pengembangan minat dan bakat, Riva Elvira.

Rangkaian Acara :

          Seleksi debat ini dibagi menjadi 2 sesi yang diikuti oleh 4 Team dan masing-masing Team terdiri dari 3 orang. Siapa saja orangnya? Mari kenalan dulu.. Team 1 ada Iswan, Anjani, dan Vicky, lanjut Team 2 ada Yogi, Ayu, dan Muthia. Kedua team ini menjadi team yang memperoleh kesempatan pertama untuk memulai debat dengan topik “Dewan ini percaya bahwa media sosial merupakan tempat coping stress yang tepat.” Kemudian Team 3 terdiri dari Retno, Diana dan Dyah akan melawan team 4 yang beranggotakan Caca, Najih dan Sulis dengan topik “ Dewan ini percaya bahwa smartphone merupakan media komunikasi paling tepat bagi remaja.” Kenapa topik yang diangkat mengenai media sosial? Sudah tentu jawabannya karena media sosial sudah sangat melekat dalam kehidupan masyarakat, sebagai sarana komunikasi, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

            Seleksi debat ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam, atas penilaian dewan juri yakni mas Yudi Kurniawan, S.Psi Image

dan mas Haris Nur Ali, S.Psi.

Image

Kedua juri ini tidak hanya memberikan penilaian kepada peserta debat, tetapi juga berbagi ilmu mengenai kunci dalam debat. Apa itu? Kuncinya adalah bahwa kita berdebat bukan untuk mengalahkan lawan tetapi untuk meyakinkan dewan juri., misalnya menyapa dewan juri terlebih dahulu pada saat akan memulai debat. Hal ini penting loh dan perlu diperhatikan oleh peserta debat, jadi ramah-ramah sama jurinya yaa 🙂

Image

            Setelah hampir 2 jam berlalu, maka penilaian pun dilakukan oleh dewan juri bersama ketua PSC untuk menentukan siapa yang akan meluncur ke Surabaya! Dan mereka adalah Najih, Retno, Diana, Dyah, Sulis dan Iswan. Selamat untuk mereka yang terpilih, semoga selalu memberikan penampilan yang terbaik dan semakin mengharumkan nama UII.  Tentunya semua peserta yang mengikuti seleksi debat ini sudah memberikan penampilan yang terbaik, jadi buat yang belum lolos jangan berkecil hati yaa, terus berlatih untuk  mewakili UII tahun depan. Kesempatan akan selalu ada jika kita terus mencoba, Semangat !

Image

Image

ImageImage

ImageImage

 

Leave a comment